Rabu, 13 Juli 2011

The Oldest Art

ilmu ekonomi merupakan the oldest art, and the newest science karena ilmu ini merupakan seni yang tertua yang lahir saat adanya manusia pertama kali hidup di dunia ini sejak Nabi Adam a.s. diturunkan kebumi bersama istrinya. Kebutuhan mereka akan makanan, pakaian serta tempat tinggal telah memaksa mereka untuk bergumul dan bergaul dengan masalah-masalah ekonomi. Sejauh ini, kita belum mengetahui apakah batasan dari ilmu ekonomi itu sendiri. Banyak para ahli yang telah menyumbangkan pikirannya, untuk merumuskan definisi ilmu ekonomi dengan mencakup seluruh bidang ekonomi yang sebenarnyalah terlampau luas.Akhirnya Samuelson akhirnya memberikan pernyataan sebagai kesimpulan. Tulisannya : Para ahli ekonomi yang telah bersepakat untuk menerima kebenaran sebuah definisi umum :
“Economic is the study of how societies use scarce resources to produce valuable commodities and distribute them among different people.”
Ilmu ekonomi adalah studi mengenai cara-cara yang ditempuh oleh masyarakat untuk menggunakan sumber daya yang langka guna memproduksi komoditas atau barang-barang yang bermanfaat serta 
 mendistribusikan kepada semua orang. 

Definisi diatas sepenuhnya sesuai dengan The Three Fundamental and ineterdependent economic problem  yang dengan jelas mencakup masalah-masalah tersebut :
  1.  What Commodities shall be produced and in what quantities? 
  2.  How shall goods be prodced?
  3.  For whom shall goods be produced?
Ketiga masalah diatas, yaitu What, How dan For Whom bersifat sangat fundamental sekali dan kini dihadapi oleh setiap perekonomian, baik perekonomian sedang berkembang maupun pada perekonomian negara maju.

Tidak ada komentar:

Cari Blog Ini